Rencana Pelaksanaan Pembelajaran fisika (RPP)

Posted by wawan yawarmansyah on Friday, May 20, 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/2 (dua)
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 × 45 menit)
Standar Kompetensi: Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan
benda titik.
Kompetensi Dasar : Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi
dengan hukum kekekalan energi mekanik.
Indikator : Memformulasikan hubungan antara gaya, energi, usaha,
dan daya ke dalam bentuk persamaan.


I. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menjelaskan pengertian usaha.
– Siswa dapat merumuskan besar usaha yang dilakukan oleh suatu gaya.
– Siswa dapat menginterpretasikan bahwa besarnya usaha yang dilakukan
oleh gaya sama dengan perubahan energi kinetik yang terjadi pada benda.
II. Materi Ajar
– Usaha
– Energi
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dan mengawalinya dengan memberikan pengenalan awal
tentang usaha dan energi.
Kegiatan Inti
 Guru memberikan ceramah disertai dengan tanya jawab untuk mengungkap
kembali pengetahuan tentang usaha dan energi.
 Salah satu siswa diminta untuk melakukan peragaan yang disertai dengan
tanya jawab untuk menjelaskan pengertian usaha.
 Siswa merumuskan besar usaha yang dilakukan oleh suatu gaya yang
dipandu oleh guru.
 Guru memimpin diskusi kelas untuk menginterpretasikan bahwa besarnya
usaha yang dilakukan oleh gaya sama dengan perubahan energi kinetik
yang terjadi pada benda.
 Siswa membentuk kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok
memecahkan persoalan yang berkaitan dengan usaha dan energi kinetik.
Kegiatan Akhir
Guru mengakhiri pelajaran dengan menyimpulkan dan memberi penekanan
pada materi usaha dan energi yang diteruskan dengan pemberian tugas mandiri,
tugas kelompok, dan tugas membaca serta memahami materi berikutnya.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat-Alat/Bahan :balok kayu, bidang datar/miring, dan anak
timbangan
Sumber : Buku Fisika Dasar SMA 2A (Tiga Serangkai)

VI. Penilaian
 Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi,
sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas.
 Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta
peragaan.
 Kuis tertulis

Contoh Soal Kuis
1. Satuan usaha dalam SI adalah ....
2. Usaha adalah hasil kali gaya (searah perpindahan) dengan perpindahan.
Benar atau salah?
3. Energi kinetik dirumuskan sebagai ....
4. Usaha merupakan perubahan energi kinetik suatu benda. Benar atau salah?
5. Besar usaha sebuah peluru yang ditembakkan vertikal ke atas sampai titik
tertinggi adalah ....
6. Usaha merupakan besaran vektor. Benar atau salah?
7. Benda 1 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Kemudian kecepatan benda
berubah menjadi 20 m/s. Besar usaha yang dilakukan oleh benda tersebut
adalah ....
8. Usaha dapat bernilai posisitif atau negatif. Benar atau salah?
Kunci Jawaban Kuis
1. joule atau J 5. – mgh
2. benar 6. salah
3. E = 1/2mv2 7. 150 J
4. benar 8. benar

..............., ...................... 2010
Mengetahui,
Guru fisika






Suryuno S,Pd.
NIP:
More aboutRencana Pelaksanaan Pembelajaran fisika (RPP)